Visi dan Misi

Visi dan misi

Tantangan berat yang dihadapi Desa Sukatani untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, karena berbagai masalah social dan lingkungan, misalnya angka kemiskinan yang relative masih tinggi dan sulit diatasi masalah lingkungan terutama sarana transportasi jalan yang hampir sebagai ruas jalan mengalami kerusakan (80%),sistem drainase yang buruk,lahan –lahan menjadi kritis dikarenakan eksploitasi sumber daya alam yang belum terkendali, pembuangan sampah yang sembarangan, penyediaan air bersih yang belum merata.

Kehendak kuat untuk memperbaiki kondisi tersebut memerlukan dukungan dan kerja keras semua pihak dan ukuran kemakmuran yang digunakan dalam upaya meraih cita-cita itu adalah Peningkatan Indeks Manusia (IPM).Oleh karena itu ,Desa Sukatani untuk periode 2020-2026 mengarahkan upaya pembangunan akselerasi IPM tersebut Visi dan Misi sebagai berikut :

Visi

Sukatani hebat

  • Harmonis dalam Hubungan dengan seluruh lembaga, tokoh masyarakat, dan seluruh komponen masyarakat.
  • Efektif dalam pengelolaan penyelenggaraan tatakelola pemerintahan desa
  • Beriman dan bertakwa
  • Adil dan merata dalam pembangunan infrastruktur ,kesehatan ,pendididkan,dan ekonomi masyarakat.
  • Terdepan dalam pengembangan Informasi Teknologi (IT)

Misi

Pernyataan Misi pembangunan Jangka menengah  Tahun 2020-2026:

  1. Mewujudkan dan memelihara hubungan harmonis dengan seluruh komponen lembaga dan msyarakat
  2. Mewujudkan tata kelola keuangan yang transparan efektif,dan akuntabel.
  3. Mengaplikasikan Nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan bermasyarakat
  4. Mewujudkan pembangunan Infrastuktur yang terarah dan berkesinambungan .
  5. Mewujudkan tata kelola pemerintahan berbasis Informasi Teknologi (IT)

Misi 1 :

Mewujudkan dan memelihara hubungan harmonis dengan seluruh komponen lembaga dan masyarakat. Mewujudkan dan memelihara hubungan harmonis dengan seluruh komponen lembaga dan masyarakat merupakan tujuan yang sangat penting sesuai dengan etika Pemerintahan, dimana salah satu tugas Pemerintah/aparatur harus bisa menjaga dan mewujudkan hubungan yang baik dan harmonis dengan seluruh komponen lembaga dan masyarakat sehingga dengan awal hubungan yang baik itu dapat menunjang proses pembangunan Pemerintah dalam segala bidang.

Misi 2:

Mewujudkan tata kelola keuangan yang transparan efektif,dan akuntabel. Menata keuangan melalui berbagai mekanisme diantaranya aplikasi siskeudes.

Mengalokasikan anggaran sesuai dengan rencana pembangunan berdasarkan skala prioritas

Menata laporan keuangan yang dapat dipertanggung jawabkan baik kepada masyarakat maupun institusi/Lembaga terkait.

Misi 3:

Mengaplikasikan Nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan bermasyarakat

Mendorong upaya pemahaman ajaran agama melalui kegiatan membaca,mengkaji,dan memahami Al-Quran, dslam bentuk khatam Al-Quran setiap seminggu sekali,

Musabaqohtilawatil Quran tingkat desa sekaligus mempersiapkan utusan untuk ketingkat yang lebih tinggi,infaq/ Shodaqoh bulanan dan pengajian rutin satu bulan sekali. Selain itu dari infaq bulanan dikembangkan program Peduli anak yatim,Jompo, dan orang miskin.

Misi 4:

Mewujudkan pembangunan infrastruktur yang terarah dan berkesinambungan.

Infrastruktur merupakan fasilitas yang sangat vital dalam mendukung dan meningkatkan perekonomian masyarakat dan keamanan sosial. Dalam pembangunan infrastruktur semua pihak harus ikut andil sesuai kapasitas masing-masing mulai dari perencanaan ,pelaksanaan,dan evaluasi sehingga terwujud infrastruktur yang benar-benar dibutuhkan dan bermanfaat untuk masyarakat. Untuk menjaga dan meningkatkan kwalitas dan manfaat Infrastruktur bagi masyarakat maka pembangunan infrastruktur harus terus dilakukan secara teratur,dan berkelanjutan sehingga membuka akses ekonomi masyarakat desa,akses pendidikan dan kesehatan

Misi 5:

Mewujudkan tata kelola pemerintahan berbasis Informasi Teknologi (IT)

Di era digital, Teknologi dimasa sekarang dan dimasa yang akan datang mutklak sangat diperlukan dalam menunjang kecepatana dan percepatan pembangunan desa. Pelayanan yang baik dan ramah dan cepat sangat dibutuhkan oleh warga masyarakat , maka dengan tata kelola pemerintah berbasus informasi teknologi akan sangat dengan mudah dapat tercapai.

Demiklian juga data-data yang dibutuhkan oleh siapapun yang membutuhkan dapat diakses dengan mudah.