Warga Bogor Nyasar Ke Sukatani

IMG-20190306-WA0030

Rabu, 6/3/2019, sekitar pukul 11.20 siang, ditemukan seorang ibu yang diduga nyasar, ditemukan di Kp. Barukupa RT 5 RW 3, dan diamankan di rumah ketua RT, Yayan. Setelah dilakukan dialog yang disaksikan oleh Kepala Dusun 2 Barukupa, Yani Yullah,  dan Babinsa serta warga yang turut hadir, ibu tersebut bernama Amah, usia 70 tahun, berasal dari Desa Ciherang Pondoh, Kecamatan Mande, Bogor. Informasi tersebut segera diterima oleh Pemerintah Desa Sukatani melalui grup Whatsapp sukatani.desa.id. yang dikirimkan oleh Babinsa Desa Sukatani, O.Rohmat.

Rencana awal akan diantarkan langsung ke alamat ibu tersebut dengan memakai mobil layanan milik Desa Sukatani. Tetapi rencana tersebut dibatalkan atas masukan dari Kepala Desa Sukatani karena informasi dari ibu bersangkutan tidak dapat dipegang kebenarannya karena dalam keadaan nyasar, dan dalam kondisi fisik dan psikis yang tidak stabil, dan apabila diantarkan langsung tanpa tahu alamat sebenarnya hanya akan membuang waktu dan tenaga. Kepala Desa mengintruksikan kepada Sekretaris Desa agar dilakukan koordinasi dengan Dinas Sosial Bogor melalui TKSK Pacet, Pak Ruli. Kepala Desa juga mengintruksikan kepada RT Yayan agar ibu tersebut dijaga kesehatannya, dijaga makanannya, dan dikirimkan satu karung beras, intruksi ini diteruskan oleh Ketua RW 04, Maman, karena RT Yayan belum memiliki alat komunikasi android yang dapat dijangkau oleh Ponsel Kepala Desa.

Setelah dilakukan koordinasi oleh TKSK, alhamdulillaah pihak keluarga dari Bogor sudah dapat dihubungi, dan akan menjemput si ibu tersebut, dan sebelum berita ini dimuat, atas informasi dari TKSK dan Bhabinkamtibmas Sukatani, Yusup Supriadi, ternyata selain di Bogor, ada pihak keluarga terdekatnya yaitu di Kp. Pasekon, Desa Cipendawa. Pemerintah Desa mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penanganan yang sangat baik atas kasus ibu yang nyasar tersebut.

Ini menjadi pembelajaran bahwa informasi yang benar, akurat, lengkap, komunikasi dan koordinasi dalam penyelesaian setiap masalah mutlak diperlukan dan harus ditingkatkan agar penyelesaiannya efektif dan efisien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *