Subuh Keliling

WhatsApp Image 2019-03-13 at 05.37.15

 

Rabu, 13-03-2019/ Subuh Keliling merupakan program Pemerintah Desa Sukatani yang telah dilaksanakan selama 2 tahun yang dimulai dari tahun 2018. Program ini merupakan media untuk meningkatkan keimaman dan ketakwaan para Perangkat Desa khususnya, dan sebagai media silaturahmi kepada warga dalam waktu yang sangat khusus penuh berkah, yakni di waktu subuh. Pada tahun 2018 dilaksanakan di setiap masjid jami yang ada di Desa Sukatani setiap dua hari sekali sebanyak 14 masjid jami, tahun ini masjid yang dikunjungi merupakan masjid yang tidak dipakai untuk sholat jami yang jumlahnya baru terdata 16 masjid yang dilaksanakan setiap hari Rabu.

Rangkaian kegiatan dalam program ini dimulai pukul 04.00 pagi hari, diisi dengan ritual ibadah pribadi, dilanjutkan Sholat Subuh berjamaah, dzikir, dan ditutup dengan Tausiah singkat oleh Ketua MUI Desa Sukatani dan beberapa ulama lainnya.

Pada hari Rabu kali ini, masjid yang dikunjungi adalah Masjid Al-Barokah, di Kp. Kayumanis RT 1 RW 6, diikuti oleh Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD, LPM, MUI, Bhabinkamtibmas dan tentu saja warga ahli masjid tersebut.

Tausiyah disampaikan oleh KH Furqon. Ia menyampaikan bahwa berjamaah sangat banyak keutamaannya (Fadilah) terutama Sholat Subuh berjamaah, sholat subuh berjamaah di masjid hanya dapat dilakukan oleh setiap muslim yang tidak ada penyakit nifak (munafiq) dihatinya. Sholat berjamaah memiliki keutamaan 27 kali lipat dibanding sholat sendirian. Setiap langkah dihitung satu kebaikan yang mengangkat derajat kemuliaan kita, dan sebagai penggugur dosa menghapus keburukan kita.

Usai tausiah dilanjutkan dengan ramah tamah dengan warga setempat.   

One thought on “Subuh Keliling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *