Perangkat Desa Operasi Sampah di Jalan Desa

WhatsApp Image 2019-03-12 at 11.33.54

Selasa/12-03-2019, Sampah memang sudah menjadi masalah nasional, hampir di seluruh pelosok daerah sampah menjadi masalah. Di Desa Sukatani penanganan sampah telah diupayakan Pemerintah Desa Sukatani sejak beberapa tahun yang lalu diantaranya dilakukan penanganan oleh Tim di setiap RT, diangkut dan dibuang ke Pembuangan Akhir di Cianjur.

Selain itu, Pemerintah Desa melalui kerjasama dengan para Ketua RT membuat Teknologi Sederhana Pembakaran Sampah. Dibuat dari drum yang dimodifikasi sedemikian rupa dan dilengkapi dengan pemantik api yang terintegrasi tabung gas 3kg. Di beberapa RT program tersebut berhasil dilaksanakan.

 

Selanjutnya melalui Program Bantuan Keuangan Kabupaten, dibuatkan Tempat Pembakaran Sampah di Setiap RW, program ini pun telah menunjukan hasilnya di beberapa RW, meskipun belum seluruhnya dapat dilaksanakan secara kontinyu.

Permasalahan sampah timbul di jalan-jalan yang jauh dari pemukiman seperti di jalan depan PT Cipendawa, jalan depan perkebunan stroberi, dan jalan Pasir Kampung depan Gedung Trisara FM akibat dari ketidaksadaran oknum warga yang seenaknya membuang sampah di jalan.

Hal ini disadari oleh Pemerintah Desa, maka Pemerintah Desa berinisiatif untuk membersihkan sampah-sampah yang berserakan tersebut dan berupaya untuk mengkampanyekan kesadaran kebersihan kepada warga.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *