PENINGKATAN KAPASITAS KADER DESA SUKATANI

kamis, 03/09/2020 Pengarahan dari pimpinan UPTDP5A Ibu Eti beliau menyampaikan penting nya berKB,dan agar yang masih memakai pil dan suntik segera beralih ke MJP (Metode Jangka Panjang) seperti Implan,IUD,MOW,dan MOP. di bulan september ini sebagai hari kontrasepsi agar di Informasikan kepada Ibu-ibu yang mau berKB khusus yang masih berpasangan usia subur agar mengikuti pelayanan KB pada tanggal 17 september di puskesmas pacet .Selain Berencana itu kita juga harus menjaga 1000 HPK ( Hari Pertama Kehidupan) mulai dari gizinya.

Posyandu secara umum dapat dibedakan menjadi 4 (empat) tingkat yaitu :

1. Posyandu Pratama

2. Posyandu Madya

3. Posyandu Purnama 

4. Posyandu Mandiri

(1) Posyandu Pratama 
Posyandu Pratama adalah Posyandu yang belum mantap, yang ditandai oleh kegiatan bulanan Posyandu belum terlaksana secara rutin serta jumlah kader terbatas yakni kurang dari 5 (lima) orang. Penyebab tidak terlaksananya kegiatan rutin bulanan Posyandu, disamping jumlah kader yang terbatas, dapat pula karena belum siapnya masyarakat. Intervensi yang dapat dilakukan untuk perbaikan peringkat adalah memotivasi masyarakat serta menambah jumlah kader.

(2) Posyandu Madya 
Posyandu Madya adalah Posyandu yang sudah dapat melaksanakan kegiatan lebih dari 8 kali per tahun, dengan rata-rata jumlah kader sebanyak 5 orang atau lebih, tetapi cakupan kelima kegiatan utamanya masih rendah yaitu < 50%. Intervensi yang dapat dilakukan untuk perbaikan peringkat adalah meningkat cakupan dengan mengikut sertakan tokoh masyarakat sebagai motivator serta lebih menggiatkan kader dalam mengelola kegiatan Posyandu.

(3) Posyandu Purnama
Posyandu Purnama adalah Posyandu yang sudah melaksanakan kegiatan lebih dari 8 kali per tahun dengan rata-rata jumlah kader sebanyak 5 (lima) orang atau lebih. Cakupan utamanya > 50% serta mampu menyelenggarakan program tambahan serta telah memperoleh sumber pembiayaan dari dana sehat yang dikelola oleh masyarakat yang pesertanya masih terbatas yakni kurang dari 50% KK di wilayah kerja Posyandu.  

(4) Posyandu Mandiri 
Posyandu Mandiri adalah Posyandu yang  sudah dapat melaksanakan kegiatan lebih dari 8 kali per tahun dengan rata-rata kader sebanyak 5 (lima) orang atau lebih. Cakupan dari kegiatan utamanya > 50%, mampu menyelenggarakan program tambahan serta telah memperoleh sumber pembiayaan dari dana sehat yang dikelola masyarakat yang pesertanya lebih dari 50% KK yang bertempat tinggal di wilayah kerja Posyandu Intervensi yang dilakukan bersifat pembinaan termasuk pembinaan dana sehat, sehingga terjamin kesinambungannya.

Tanggal 17 september sekaligus Pelayanan IVA test pemeriksaan deteksi dini kanker serviks,tidak sedang haid dan tiga hari sebelum pemeriksaan tidak berhubungan dulu dengan suami.

IVA test adalah akronim dari tes Inspeksi Visial Asam Asetat.Prosedur ini dilakukan sebagai bentuk deteksi dini kanker serviks dan hanya bisa dilakukan oleh dokter kandungan atau tenaga kesehatan lain yang kompeten agar penegakan diagnosisnya tidak keliru.

Materi selanjut nya tentang corona virus:1.pemakaian masker
2.cuci tangan/ sedia hand sanitizer
3.menjaga jarak
4.mandi setelah bepergian

Virus SARS/COVID-19 juga bisa dI cegah dengan makanan gizi seimbang,tidur cukup ,dan berolahraga juga menjaga kebersihan lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *